Kisah Spiritual Mawangi; Membuka Selendang Biru (1)


Hasil gambar untuk telaga bidadari

Bidadari diantara duhkan
Cahaya menari perlahan
Meluaplah kerinduan
Mengungkap tanya kejadian

"Akulah muara cinta!" 
Secepat kilat sayapnya menghujam
berderai tawa bersama
Kecipak air nyanyikan malam

Bulan di atas hamparan sabana
Selendang bidadari menarik sukma
Memantulkan warna ditengah telaga
Engkau diam menahan  nelangsa

"Akulah sang pecinta"

Aroma kisah dahulu
Ketika Nawang Wulan terhisap waktu
Berlalulah hari bersanding pusara
Kemudian mati tergenang air mata

Babad tanah jawa dirahsa
Kini hanyalah muara dupa
Rangkaian segala cerita cinta
Disanalah kisah romansa dimula

"Akulah duka yang terbawa"

Perihal Sakuntala,
Tujuh kasih mereka bersaudara
Melahirkan anak anak manusia
Dalam belitan cahaya dan jiwa

"Akulah wanitanya alam semesta!"

***

Penghantar Kisah


Aduh, jika kisah ini disandingkan disini. Apakah tidak akan dihujat mereka lagi? Entahlah dengan keraguan diri, ingin dihantarkan lagi. Kisah yang pasti tak dimaui. Kisah yang tak ingin didengar lagi oleh para pelakunya sendiri. Bukankah sudah berlalu jutaan hari? Hingga kisah yang meraka alami sesungguhnya adalah kisah-kisah yang menjadi milik bumi. Mengapa mereka menjadi marah sekali? Kemudian melontarkan caci maki, tidak saja di dunia fiksi. Bahkan diranah materi mereka terus saja mengganggui. Mencari sensasi dan alibi pembenaran diri. Kesana kemari menjual cerita yang telah dikontruksi berdasarkan persepsi. Membiarkan prasangka merajai di hati. Melahirkan benci dan sakit hati yang terus mengerak, sekeras kerak bumi. 

Lihatlah murkanya gunung-gunung, lihatlah sesar muka dan belakang yang terus terbuka menghasilkan badai dan juga gempa-gempa kecil hingga sedang. Kemudian tengadahkanlah wajah.  Lihatlah perangai dan tingkah manusianya. Arogansi dan pemaksaan tampak dari raut muka. Tidak ada hari tanpa umpatan. Tidak ada waktu tanpa hujatan, yah itu terjadi diantara sesama,  antara satu dan lainnya. Perang dan perang ingin manusia kobarkan di bumi jawa ini. Demontrasi keserakahan, demontrasi keangkuhan, demontrasi kemunafikan, dan banyak sekali demo-demo telah lahir di nusantara. Dimanakah para kesatria? Adakah mereka nelangsa menyaksikan kenyataan? Ataukah sebaliknya, mereka justru berpaling setelah mendapat petunjuk yang nyata dari Tuhannya? Melipat ekor ke belakang dan kemudian menghantam tanpa perasaan?

Ya Tuhan, sudahkah saatnya? Mula yang harus diakhiri. Dan akhir dari mula. Sebuah peradaban yang harus dihabisi untuk membuka  awal baru peradaban berikutnya. Yah, demikianlah penciptaan manusia-manusia baru dilakukan dengan menghancurkan manusia lama terlebih dahulu. Mengulang kisah-kisah sebagaimana telah diabadikan di al qur an. Kisah bangsa-bangsa sepanjang peradaban. Kisah kehancuran dan kisah pergantian kekuasaan atas manusia. Kisah pergantian dan pergiliran manusia lama kepada manusia baru. Sudah siapkah bangsa ini? Selarik tanya terus menghantui, memaksa dirinya kembali mengkisahkan disini. Sebuah pergulatan batin, keprihatinan mendalam atas keadaan negri yang dicintainya ini. Walau hanya sebatas angan dan pikiran, namun demikianlah rahsa yang tertinggal, semua demi kecintaan semata. Jayalah negriku sejahteralah bangsaku!

Maka kisah perjalanan spiritual ini akan dihantarkan lagi. Mengambil sudut tak biasa. Perjalanan Mawangi yang menyelusuri pelosok negri ini, menggantikan peran Banyak Wide yang sudah saatnya memasuki alam tiwikramanya. Membiarkan Mas Thole asik di alam realitasnya. Alam realitas yang akan banyak mengajarkan dimensi paradoksal kepadanya. Apakah dirinya nanti akan tetap beriman saat memasuki alam yang penuh ketidakpastian. Alam materi yang menyajikan kebencian dan juga keserakahan, serta kemunafikan. Apakah pemahamannya mampu dipertahankannya? Entahlah bahkan dirinya sendiri juga tidak yakin bahwa pembelajaran yang didapatkannya selama puluhan tahun berspiritual akan mampu menjaga dirinya. Dunia ini penuh misteri, yang pasti adalah ketidakpastian. Tidak ada kepastian manusia akan selamat di dunia ini. Begitu juga keadaan Mas Thole, dia menyadari bahwa satu kakinya sudah ada di neraka. Maka biarkanlah keadaannya begitu. Yah, biarkan api membakar ego dirinya.  

***

Membuka Selendang Biru


Mawangi nama panggilan yang aku dapatkan pada silsilah perjalanan hidupku dalam menjalankan hidup dan berkehidupan. Seperti tidak lepas dari kisah perjalanan yang aku sendiri tidak tahu awal dan akhirnya. Kelahiran dan kematian berada dalam satu bingkai kehidupan, waktu. Aku berada dalam perjalanan waktu sekarang dengan wujud perempuan dan karakternya, serta perjalanan kehidupan yang sudah ditetapkan oleh Sang Maha Kuasa. Mawangi, nama yang aku dapatkan dari proses perjalanan. Secara jelas, nama itu aku sandang, belum tahu arti yang sebenarnya. Namun demikian, sebagai raga yang kini hadir, aku menerima nama tersebut dengan senang, riang, gembira dan bahagia.

Mawangi, itulah namaku. Perjalanan hidupku sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang lainnya, atau mungkin itu yang aku anggap selama ini, bahwa kehidupanku normal penuh kasih sayang keluarga. Walau sejak kecil aku sudah terpisah dari orang tua, dan tinggal dengan kedua nenek dari ibu dan bapak, aku anggap biasa karena memang yang lainnya juga ada yang bernasib sama denganku. Lingkup dalam keluarga yang tinggal di kampung, aku berjalan seperti halnya anak-anak lainnya, bermain, dan bermain. Berjalan menelusuri pematang sawah, main layang-layang, main petak umpet, main galah, main kucing-kucing di atas pohon, dan permainan tradisional lainnya. Permainan tersebut untuk saat ini mungkin akan dianggap sebagai permainan yang mewah.

Suatu ketika dalam perjalanan, aku berujar dalam diam untuk menjadi seseorang yang terbaik dan hamba yang kembali kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Jalan ceritanya tanpa mula dan akhir, tetapi dalam ragaku telah hadir seorang ratu dan batari yang menjadi bagian dalam kisah perjalananku. Sejak awal aku tidak menyangka dan tidak tahu siapa Batari. Siapa dia? Sampai saat ini berada dalam imajinasi dan sangkaan para penutur dan penyebar berita.

Secara harfiah memang seperti tidak ada yang paham atau mengerti, termasuk aku sendiri. Berada dalam pengejewantahan waktu menelusuri yang belum tentu aku tahu dimana tempat dan letaknya. Aku bermain dan bercengkrama sendiri, ternyata menjadi pembelajaran dan pengajaran dalam sisi kehidupanku.

“Jangan kau sentuh tempat itu Mawangi, karena itu bukan hakmu.” Begitu kata Batari ketika aku mulai memahami keberadaannya.

“Maksudmu?” Tanyaku dalam diam.

“Iya, perjalanan hidupmu bukan untuk berurusan dengan hati orang lain, tetapi dalam menapaki hatimu sendiri,” jawabnya.

“Siapa kamu? Kenapa kau ada dalam bagian hidupku?” Tanyaku kesal karena dia telah menyeretku pada sesuatu yang tidak aku ketahui.
“Aku adalah kamu. Kamu adalah aku,” jawabnya dalam remang waktu.

Selarik cerita tak akan muncul dalam keniscayaan perjalanan kehidupan. Langkah-langkah yang sudah dilalui adalah ketetapannya, Mawangi.

Semilir angin menjadikan Mawangi tercenung dalam relung tak berujung. Perjalanannya untuk mengenal diri membawanya pada realita lain, pertemuannya dengan entititas yang dia tidak ketahui sendiri tetapi berada dalam dirinya sendiri. Kicau burung menjadi perundung senandung, bahwa ini kehidupan yang harus aku tapaki.

Kilas balik pada masa lalu, sangat berhubungan dengan masa kini. Gunung yang tegak berdiri di hadapanku menjadi awal dari keingintahuanku. Iya, Galunggung.

Sejak awal Mawangi sudah menyenangi nama gunung tersebut. Namanya ia hadirkan dalam setiap keadaan dan kesempatan. Ruang yang besar dan mengglobal, menjelajahi dunia hanya terbingkai dalam satu kalimat, Galunggung.

Catatannya belum ada yang membuka, penafsiran maknanya berada dalam bias tak pernah berwujud. Seuntai kata tak seperti dalam kumpulan huruf yang sederhana dan mudah dibaca. Iya, dia berada dalam suatu rangkai perjalanan yang membawanya pada raga masa kini di abad 21.

Selaras nama tak akan ada dalam entitas perjalanan. Sekarang Mawangi mengetahui adanya Batari. Gunung yang berada di hadapannya menjadi pembicara dalam pertemuannya dengan sang jiwa yang berada di raganya.

Setiap kehidupan ada kehidupan. Setiap perjalanan ada perjalanan. Setiap kematian ada kehidupan. Kematian bukanlah kematian. Tetapi sebuah perjalanan yang tertunda dalam dimensi kehidupan yang berbeda.

Cahaya yng terang dengan sinarnya yang menaungi awan dan tumbuhan hijau, menjadi pembeda antara nyawa dan jiwa. Selalu aja ada yang berbeda. Tidak sama walaupun sama. Perjalanan Mawangi sudah dimulai sejak lama. Sejak di dalam kandungan ibunya, dia sudah mendapat sebutan Mawangi.

Ketika hidup mengingatkannya pada kehidupan lain dalam perjalanannya, Mawangi seperti bukan dari entitas raga masa kini. Dia bisa menebus langit berlapis-lapis tanpa meski dalam mimpi atau imajinasi. Mawangi dikabarkan sebagai keturunan dewa dewi, sekaligus ratu dan Batari yang meuwujud dalam raganya terkini, menjadi ada atau tidak dalam kehidupan sekarang ini, tergantung yang memahami dan menyadarinya.

Akan dimulai kisahnya dengan menceritakan keadaan Mawangi yang pedih hatinya karena telah berada dalam rongga kesesatan yang nyata. Sakitnya seperti tuangan api dan lava dalam luka yang menganga. Ketika itulah dia sadar akan dirinya yang berada dalam rutinitas kehidupannya masa kini. Pengaturan ketat dalam ritual ibadah menjadinya seperti biasa tetapi hambar tanpa ada dorongan untuk menyembah dan benar-benar menyembah kepada yang Maha Kuasa. Lelah sering menerpa dengan kondisi raga yang semakin menua.

Sudah saatnya kau berjalan Mawangi, menelusuri jejakmu, Batari. Bukan untuk kembali pada masa lalu, tetapi untuk mengambil hikmah dan pelajaran hidup bagimu Mawangi dan Batari. Kisahmu yang tersusun dalam cerita Galunggung bukan untuk ditapaki sebagai keangkuhan, tetapi lihatlah dirimu sebagai raga terkini Mawangi. Ada pelajaran dan hikmah yang akan kalian dapatkan. Kami akan membantu perjalanan kalian. Demikian kata Sang Hyang Whidiwasa dalam penuturnya tak berucap.

Laku kalian adalah laku kami juga. Selama dalam perjalanan, ingatlah kepada Yang Maha Kuasa, Allah Swt. Ketika itu, sudah ada yang akan membantu kalian dalam dunia realitas yang sekarang ada, tetapi yang terpenting dalam perjalanan ini adalah diri kalian sendiri. Bukan orang lain.

Sejatinya hidup adalah kehidupan. Jati menguatkan dalam jati diri Mawangi dan Batari. Jati menjadi bagian dari Kami. Semuanya menjadi Kami dalam titah ilahi rabbi.

Hamparannya akan Kami mulai dalam pengejawantahan kehidupan kalian yang terselubung oleh waktu dan tempat. Demikian dalam simbol-simbol yang kalian kuasai. Berjalan dan melangkahlah dengan benar dan lurus seiring jarum jam dalam putaran waktu bumi. Perjalanan ke barat dan timur.

Suatu waktu ketika ada yang bertanya dan ada yang menjawab, maka tetaplah dalam realita dirimu, Mawangi. Seandainya semua seperti perdu dan duri yang menyisiri kehidupan ini, maka pelajari dengan teliti dan pasti.

Akan ada banyak hal yang menjadi ada atau tidak ada. Kata-kata menjadi bagian dari perjalanan yang sering membuatmu ragu, Mawangi. Di sana kamu harus belajar untuk menguatkan hati, yakin dengan apa yang sudah ditetapkan oleh ilahi rabbi.

Perjalanan ini akan terus melaju, Mawangi pun akan menjalankan tugasnya dengan mengantarkan Batari pada singgasanan terakhirnya. Di ujung jalan yang tak pernah ada yang melaluinya, di tengah kota yang tidak pernah ada yang memercayainya. Berjalan, dan terus berjalan, dalam realita dan kenyataan yang sudah ada dalam perjalanannya.

Secarik kertas yang kau dapatkan nanti, bukan untuk kau puja, tetapi pastikan itu untuk kau pelajari sebagai seorang ratu dan batari, tentu kamu akan paham, Mawangi.

Demikianlah, Kami terus mengabarkan, dan mengabarkan hal-hal yang belum Mawangi ketahui. Dia berada dalam kebingungan yang tidak tahu apa yang harus dilakukan. Padahal jalannya sudah Kami bentangkan dengan segala yang sudah Kami siapkan dalam menuju perjalanan.

Berjalanlah dengan jalan yang sudah ditetapkan oleh ilahi rabbi, karena ini sudah dalam garis takdir di antara deraan yang tak bertepi.

Sidang pembaca yang terhormat, Mawangi dalam kisahnya ini akan menjadi pengantar perjalanannya pada langkah-langkah kehidupan berikutnya. Berada dalam naungan Kami, Mawangi berjalan, dan terus berjalan dengan satu tujuan kesadaran. Sebuah jejak yang ada, tetapi tidak ada. Pengenalan dan pembuktiannya bukan dalam cerita, tetapi sudah dituturkan dalam kisah-kisah yang turun temurun menjadi tambahan pengetahuan dan pemahaman. Masa lalu bukan untuk dipuja, tetapi sebagai pelajaran dalam perjalanan. 

Maka kisah ini dalam tataran kesadaran semata. Disclaimer!!!
 
Selamat datang, selamat menikmati kisah Mawangi.     

Komentar

  1. assalamu alaikum, salam rahayu, memasuki alam materi memang sangat berat bagi orang orang yang mempunyai kesadaran, kisah ini dimulai ketika saya mencoba untuk masuk kealam materi, ligung namanya yang berarti famili agung bertempat di majalengka, menangis dan menjerit ketika menyaksikan betapa mereka telah melupakan apa yang orang tua mereka ajarkan tak sadar mereka akan kemuliaan ahlak dan nama besar keluarga mereka , dan demi materi yang tak abadi mereka gadaikan keimanannya dan lihat lah yg terjadi mereka asik tenggelam dalam alam materi, CIREBON banyak yang tahu bahwa sebagai pusat ilmu di nusantara, tapi yang kusaksikan sungguh sangat menyedihkan, banyak anak keturunannya yang tenggelam dalam alam materi, dan yang lebih menyedihkan sampai merekapun tak mengenal saudara mereka walau berada dalam satu tempat dalam pekerjaan, begitulah alam materi apabila orang yang memasukinya tidak membawa kesadaran sebagai pijakan dalam melaluinya, maaf bila tak berkenan,saya hanya sekedar berbagi kisah perjalanan awal memasuki alam materi, wassalam

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Spiritual, Misteri Selendang Langit (Bidadari) dan Kristal Bumi

Kisah Spiritual, Labuh Pati Putri Anarawati (Dibalik Runtuhnya Majapahit, 4-5)

Rahasia Simbol (Tamat). Siklus Yang Berulang Kembali