Kajian Simbol, Shaad


 Shaad, Shaad, demi Al-Qur'an yang mempunyai keagungan (QS. 38:1)



 Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi, (QS. 38:18)

Inilah ‘Shaad’ yang di karuniakan kepada (Daud) siapapun yang di kehendaki-Nya. Melengkapi ‘bacaan’ sebelumnya yang sudah dihantarkan kepada sidang pembaca. Maka dengan memohon ridho-Nya kajian ini dituangkan dalam kata. Semoga menjadi khabar sebagaimana layaknya (diperlakukan) atas sebuah berita.                                                


Terasa berat mengawali kajian ini. Tangan seperti terkunci hampir 3 jam, tak satupun kata mampu di tuliskan. Apalagi terangkai menjadi sebuah kalimat. Instrumen ketubuhan seperti ingin mencoba memahami sesuatu. Sesuatu yang berkuasa dan menguasai diri. Sesuatu ‘entitas’  diluar ‘Aku’.   Sesuatu yang memaksa ‘Aku’ harus ‘mengakui’  utuh atas‘ke-kuasa-an’yang dimiliki entitas ini.                                                                                                                         

Kemampuan apakah yang dimiliki ‘entitas’ tersebut sehingga mampu berkuasa atas ‘diriku’ ?.‘Kuasa’apakah yang demikian luar biasa di amanahkan kepada ‘entitas’ itu sehingga mampu berkuasa atas tubuh ini. Dan aku tak mampu menuliskan apapun dalam sebuah kata. Padahal ‘daya’ untuk menuliskanya serasa ada. Angan bagai berkas sinar yang bersliweran ke segala arah tak membuahkan pemikiran. Membuat diri semakin tak memahami ‘sensasi’ raga. Haruskah ini kudiamkan saja ?. Namun itu ternyata ada akhirnya                                           

Setelah instrument ketubuhan paham bahwa ada ‘kuasa’, (yaitu) daya  ‘kekuasaan’ yang dititipkan kepada suatu ‘entitas’ini  untuk menguasai ‘entitas’ lain agar tunduk dalam ‘kuasa’nya. Maka diri kemudian sedikit demi sedikit ‘terlepas’ dari ‘kuasa’ tersebut. Kemudian akhirnya,  kata demi kata mulai mulai mampu tersusun, di tulis di rangkai sebagaimana keadaannya. Entah, apakah (nanti dihadapan pembaca) sudah mampu terbaca ataukah sebaliknya,  kata yang di rangkai ini masih diluar ‘kuasa’ penulis. Dimana setiap jelajah kata menimbulkan kesulitan tersendiri dalam mekanainya. Sungguh, diri tidak memiliki ‘ke-kuasa-an’ (yaitu) suatu ‘daya’yang akan mempengaruhi sidang pembaca untuk ‘mengerti’ tentang  ini.  

Maka dengan memohon ‘kuasa’-Nya, diri ini terus mencoba menghantarkan, hasil ‘membaca’ symbol-symbol di dalam Al qur an. Memaknainya untuk menambah keyakinan diri, dalam keyakinan yang sudah ada. Berharap mengkristal menjadi dzikir di hati sepanjang ada nafas ini.                                                                                                                                                              


Perbendaharaan ‘kunci’ kekuasaan


Shaad adalah huruf yang dijadikan  symbol/lambang  atas ‘kunci-kunci’ ‘kekuasan’ Allah di alam semesta yang di ‘amanah’kan kepada mahluk-Nya,yang mana dengan dan atas nama ‘kekuasaan’-Nya tersebut seluruh makhluk akan tunduk kepada ‘sang’ pembawa ‘kunci’ ini dan atau dengan kata lain, entitas pembawa symbol ini akan memiliki  ‘daya’ untuk mempengaruhi entitas lain.                                                                                                                                               

Maka ‘Shaad’ menjadi misteri, melingkupi skenario Tuhan atas penciptaan  alam semesta ini. Sebab ‘Shaad’  diberikan kepada siapa saja yang di kehendaki-Nya. Atas kehendak-Nya. Manusia memegang amanah ‘Shaad’ ini.                                                                                            

Inilah makna hakekat lambang huruf Shaad yang dihantarkan dalam kajian, (yang) menjadi ‘keyakinan’ penulis dalam memaknai hakekat symbol ini.                                                                 

Kekuasaan adalah sebuah ‘energy’ yang memiliki ‘kekuatan’ memaksa sehingga tanpa mampu di sadari oleh lainnya, kekuatan ini telah mempengaruhi ‘kesadaran’ setiap entitas disekelilingnya untuk tunduk, mengikuti kehendak sang pembawa symbol ini. Entitas pembawa symbol ini menjadi seakan-akan memiliki  pusaran ‘medan energy’ yang akan menjadi ‘magnet’ bagi energy-energy lainnya untuk terus (tunduk) mengikutinya baik dengan sukarela ataupun terpaksa.                                                                                                                                    

Keyakinan adanya ‘wahyu’ yang merupakan ‘kunci’ pembuka atau yang di symbolkan dengan  ‘Shaad’ atas ‘kekuasaan’ dalam hkayat dan mitology Hindu banyak diceritakan melalui kisah-kisah heroik para tokohnya. Kisah-kisah tersebut dapat kita baca dalam kisah Mahabarata dan Ramayana. Menjadi ‘pemikiran kita selanjutnya’  perihal bagaimana umat manusia terdahulu telah (dalam) memaknai ‘kunci lambang kekuasaan-Nya’. Dan bagaimana mereka meng-implementasikannya dalam langkah nyata kehidupan manusia, jauh sebelum agama Islam di sempurnakan. Kita kan mampu membaca dari kisah-kisah tersebut.                                

Dan juga dalam pemahaman masyarakat jawa, pemakanaan symbol ini juga sangat melekat kuat dalam kesadaran mereka. Raja-raja jawa di yakini harus mendapatkan Wahyu Cakraningrat sebagai prasyarat utama untuk menduduki tampuk kekuasaan. Karenanya calon raja Jawa berusaha keras untuk mendapatkan restu Illahi. Berasaha mendapatkan kunci ‘Shaad’ yang oleh para pinisepuh Jawa di namakan dengan Wahyu Cakraningrat.                     

Para calon raja di wajibkan untuk melakukan olah diri. Baik dengan  melakukan ‘tirakat’  ataupun ‘olah kebatinan’ serta ‘laku’ yang diluar nalar. Pendek kata para calon raja diwajibkan untuk melakukan sembah bakti, melakukan amal kebaikan kepada sang Kholik kepada alam semesta, melakukan ‘penyucian jiwa’ dan lain sebagainya. Para calon raja Jawa harus  melakukan prasayarat-prasyarat yang diyakini ‘pinisepuh’ akan mendatangkan ‘ridho’ Yang Maha Kuasa untuk memberikan amanah atas ‘Shaad’ kepadanya yaitu Wahyu Cakraningrat (dalam pemahaman mereka) agar dirinya dapat di angkat dan mampu menduduki kekuasaan di suatu wilayah (menjadi Raja).                                                                                                             

Bila kita sedikit merenung lebih dalam, ternyata hakekat symbolisme atas ‘kekuatan’ ini telah mendasari pemahaman dalam Mitology Hindu dan aliran Ketuhanan Yang Maha Esa (Kejawen) bahkan agama-agama besar lainnya. Dan jika kita ‘jernihkan’ lagi maka akan kita dapati, ~ bukankah Al qur an dengan ini telah memfasilitasi, agar  bagi segolongan manusia ~ yang dalam kesadaran kolektif mereka sudah  terbiasa~ dalam memaknai bahasa symbol (menjadi) mampu untuk mempelajari Al qur an. Sebab Al qur an telah menyederhanakannya menjadi hanya satu symbol huruf saja, (yaitu) Shaad.                                                                         

Di isyaratkan di dalam Al qur an, agar mansuia tidak terjebak ke dalam mitos, klenik dan tahayul, dalam memahami bahasa symbolism ini. Manusia harus senantiasa menggunakan akal sehatnya. Bahasa symbol di isyaratkan ASl qur an  hanya akan dapat bermanfaat bagi mansuia yang berakal. (Yaitu) manusia yang memiliki kecenderungan logika berfikir yang kuat,dan  memiliki analisa yang tajam. Sebagaimana para ilmuwan dalam mengimplementasikan symbol E = mc2.                                                                                               

“…..  "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyabihat, semuanya itu dari sisi Rabb kami".Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.” (QS. 3:7)                                                                                                                                   

Orang-orang yang senantiasa ‘membaca’  dan meyakini symbolisme (pertanda-pertanda alam) ini, diharapkan akan seperti golongan orang-orang yang sudah ‘beriman’ sebagaimana orang yang  dimaksudkan dalam surah (QS. 3 ; 7) tersebut.                                                             

Mereka meyakini bahwa semua ‘pertanda’ (symbol) lambang alam semesta yang mampu mereka tangkap itu datangnya dari  Tuhan semesta alam. Atas kehendak-Nya semua itu nanti akan bisa terjadi. Symbol hakekatnya tidak akan memeberikan ‘arti’ apa-apa. Kehendak Allah-lah yang utama.  Manusia senantiasa harus menggunakan logika akal ini.  Kemudian dengan ‘kebijaksanaan’ dan ‘kearifan’ yang tinggi penuh tanggung jawab mereka akan mengimplemantasikannya bagi ‘kemaslahatan’ umat manusia.  Mereka akan melaksanakan ‘tugas’ ini dengan sepenuh hati dan tanggung jawab, sebagaimana seorang ‘hamba sahaya’. Inilah hikmahnya.                                                                                                                                      

Namun diisisi lain, banyak sekali manusia yang kemudian mencari-cari ‘Shaad’ di alam semesta dengan nafsu mereka sendiri. Inilah yang patut di waspadai. Realitas dan fenomena perlambang ‘Shaad’ banyak sekali yang di tafsiri keliru. Sehingga menjadikan manusia jatuh kelembah kehinaan. Tidak ada kemaslahatan perlambang ini kecuali bagi manusia yang berakal.                                                                                                                                                    

Sebab dengan mereka  menerima amanah perlambang ‘Shaad’, sejatinya mereka ‘harus’ sudah mengetahui ‘konsekuensi logis’ atas amanah tersebut. Mereka meyakini bahwa semua itu akan dimintakan pertanggung jawabannya. Sudah di beritakan perihal, Fir aun yang mengingkari hal ini maka kepadanya berlaku hukum-hukum Allah. Inilah konsekuensi logis atas ‘amanah’ yang di abaikannya. Mereka harus menggunakan akalnya untuk memahami ini.           

Kuasa kegelapan dan kuasa terang

Manusia yang mampu ‘membaca’ dan menerima konsekwensi atas amanah ‘Shaad’ ini. Mereka akan semakin ‘tunduk’ dan semakin ‘arif’ dalam setiap tutur kata, laku dan perbuatannya. Mereka akan semakin ‘berserah diri’ dan harmoni dengan alam semesta ini. Sebab mereka memahami bahwa hakekatnya apa yang mereka miliki adalah titipan Allah semata. Mereka akan mengatakan dengan sebenar-benarnya. Sebagaimana perkatan mereka yang di kisahkan Al qur an dan firman-Nya ;                                                                          

Katakanlah: "Wahai Rabb Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan engkau cabut kerajaan dari orang yang engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. 3:26)                                                                                    

Ditangan Allah setiap ‘Shaad’ atas segala sesuatu. Allah akan memberikannya kepada siapapun. Baik dia itu orang kafir, beriman, munafik, bahkan kepada Iblis sekalipun telah di berikan ‘Shaadini.  Begitu juga atas benda-benda yang di langit dan di bumi, telah  diberikan  ‘Shaad’ atas diri mereka itu,  sesuai dengan peruntukkannya masing-masing.                              


Iblis telah meminta ‘Shaad’ atas kuasa kegelapan ;

Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya, (QS. 38:82)                                                                                                                                                        

Maka karenanya Iblis memiliki kemampuan dan kekuasaan untuk menyesatkan siapa saja yang di kehendakinya. Baik jin ataupun manusia akan dengan mudahnya berada di dalam ‘kekuasaan’ Iblis. Kuasa atas ‘Shaad’ atas kunci kegelapan telah diberikan kepada sang Iblis. Meskipun Iblis sangat sadar atas pilihan yang di ambilnya (yaitu) bahwa dengan meminnta ‘shaad’ tersebut dia akan mendapatkan konsekuensi ~ menjadi kekal di neraka !.                       

Jika Iblis di berikan ‘kuasa’ alam kegelapan. Maka manusia telah di berikan ‘Shaad’ atas ‘kekusaaan’ alam matery. Maka alam materi semuanya akan tunduk untuk dipergunakan sebagai apa saja oleh manusia. Inilah ‘fitrah’ awal manusia yang di berikan kepada bapak para nabi (Adam).  Maka dengan ‘kekuasaannyaini manusia akan mampu menciptakan apa saja di era tekhnology ini. Dengan ‘Shaad’ ini manusia mampu membangun peradaban dunia sebab kunci ‘Shaad’ ada di tangan manusia.                                                                                      

Maka kepada manusia , di harapkan berlomba-lomba untuk mendapatkan‘Shaad’ ini. Kepada seluruh umat manusia, siapa saja, dari suku apa saja, beragama apa saja ‘dipersilahkan’ untuk mendapatkan‘Shaad’ ini. Silahkan berusaha untuk mendapatkan bagiannya masing-masing. (Yaitu) kekuasaan manusia atas matery (tekhnology).  Sebab sekali lagi, bahwa‘Shaad’ini telah sejak awal diberikan kepada bapak manusia (Adam).                                

Maka ‘celakalah’ manusia yang tidak mau mengejar untuk mendapatkan  ‘Shaad’ ini, dia akan akan menjadi bangsa (kaum) yang tertinggal dalam peradaban. Sebab karena itulah hukum-Nya yang di symbolkan dengan‘Shaad’. Sunatullohnya begitu.  Di harapkan kepada umat muslim mengerti hukum ini. Itulah isyarat Al qur an.                                                                            

Namun kepada manusia-manusia lainnya ada tambahan ‘bonus’ ‘shaad’ yang lainnya, yang diberikan sebagai ‘wakil’nya di dunia, manusia yang menjadi saksi-Nya bahwa Dia ber kuasa atas segala sesuatu atau pun juga yuang diberikan-Nya sebagai ujian kepada manusia dalam skenario-Nya menyempurnakan jiwa manusia  ;                                                                                  


Kemudian kami tundukkan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut ke mana saja yang dikehendakinya, (QS. 38:36)

dan (Kami tundukkan pula kepadanya) syaitan-syaitan semuanya ahli bangunan dan penyelam, (QS. 38:37)

dan syaitan yang lain yang terikat dalam belenggu. (QS. 38:38)

Inilah anugerah kami; maka berikanlah (kepada orang lain) atau tahanlah (untuk dirimu sendiri) dengan tiada pertanggungan jawab. (QS. 38:39)


Jika kuasa kegelapan,  ‘Shaad’nya  diberikan kepada Iblis , sehingga Iblis memiliki kekuasaan atas syetan, (yaitu)  adalah makhluk-makhluk yang berada di alam kegelapan. Sehingga karenanya Iblis merajai dan menjadi Penguasa kegelapan. Maka dunia sebaliknya,  yaitu ‘dunia cahaya’ atau ‘dunia terang’ , ‘Shaad’nya di kuasakan kepada Malaikat Jibril. Jibrillah yang membawa ‘cahaya’ Al qur an. 


Demikian juga halnya jika alam matery yang terlihat dan mampu di indrai, ‘Shaad’ nya  di kuasakan kepada manusia maka alam ghaib, ‘Shaad’ nya di kuasakan kepada para Jin. Para Jin lah yang membangun peradaban dunia mereka sendiri. Dunia ‘ghaib’ yang ‘mirip’ sebagaimana dunia manusia.

Sebab ‘Shaad-shad’ telah dukuasakan kepada masing-masingnya, maka Allah kemudian memberikan petunjuknya melalui Al qur an agar baik jin atau manusia yang menghuni dunia ini, menjadi  sadar dan mampu menjadikan ‘Al fur qon’ ini menjadi ‘pembeda’ atas ‘gelap’ dan ‘terang’ agar mereka menjadi sempurna jiwanya. Menjadi makhluk yang mulia.

Allah yang akan mengawasi dan menjadi hakim atas ‘Shaad’. Siapakah orang yang paling baik amalnya. Ketika di manahkan atas mereka ‘shaad’ ini. Sunguh Allah akan meminta pertanggung jawaban perihal ini.   

Dengan pemahaman tersebut maka  rangkaian ayat-ayat ini menjadi mudah dipahami, bagaimana Allah telah menetapkan konsekuensi atas masing-masing ‘amanah’  ;

Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya” (QS. 38:82)
“kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka,” (QS. 38:83)

Allah berfirman: "Maka yang benar (adalah sumpah-Ku) dan hanya kebenaran itulah yang Ku-katakan". (QS. 38:84)

“Sesungguhnya Aku pasti akan memenuhi neraka Jahannam dengan jenis kamu dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka kesemuanya.”  (QS. 38:85)

Begitulah konsekuensinya. Maka kepada siapapun makluk-Nya, yang dititipi amanah ‘Shaad’ , berlaku sumpah Allah sebagaimana dimaksud ayat tersebut.  Karenanya, siapapun yang mengikuti dan berkiblat kepada Iblis maka dia akan menjadi penghuni neraka, dan dia kekal di dalamnya. Maka kenapakah para pimimpin negeri ini tidak memahami symbolisasi ini.

Menjadi hikmah kita semua bahwasanya (bagi manusia yang berakal) kita  akan terus berusaha  untuk mendapatkan makom ‘mukhlis’ inilah wilayah steril,  sebab ‘Shaad’ Iblis tidak berlaku di wilayah (makom) ini, Iblis pun  tidak dapat masuk, untuk   memperluas daerah  kekuasaannya disini. Maka jiwa manusia se-harus-nya memasuki (berada) di makom ‘mukhlis’ ini. Agar lepas dari ‘kekuasaan’ Iblis.



Wolohualam bisawab.

Salam
arif




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Spiritual, Misteri Selendang Langit (Bidadari) dan Kristal Bumi

Kisah Spiritual, Labuh Pati Putri Anarawati (Dibalik Runtuhnya Majapahit, 4-5)

Rahasia Simbol (Tamat). Siklus Yang Berulang Kembali